Senin, 02 Januari 2017

Mencari Nilai Terendah/tertinggi Dengan VLOOKUP


Formula MIN/MAX yang disediakan oleh Microsoft Excel merupakan formula yang sering digunakan selain SUM ataupun AVERAGE, dimana kegunaannya adalah untuk mencari nilai tertinggi atau terendah yang terdapat dalam sebuah data. Tutorial kali ini rumahexcel akan membahas tentang bagaimana cara mengkombinasikan antara formula MIN/MAX dan VLOOKUP.
Dalam tampilan berikut, kombinasi antara MIN/MAX dan VLOOKUP akan mencari nilai (angka) terendah atau tertinggi yang terdapat dalam kolom A dan akan menghasilkan nilai yang sesuai dari data yang terdapat di kolom B .

+ Buatlah tabel dengan kolom A merupakan data nilai rapor
+ Dan kolom B merupakan nama siswa
+ Kolom D2 berikan formula untuk mencari nilai yang paling rendah =VLOOKUP(MIN(A2:A7);A2:B7;2;0)
+ Kolom E2 berikan formula untuk mencari nilai yang paling tinggi =VLOOKUP(MAX(A2:A7);A2:B7;2;0). Lihat ilustrasi tabel dibawah ini

A B C D E
1 NILAI NAMA - Nilai terendah Nilai tertinggi
2 79 Wasis Zain - Gilbert Pendi
3 88 Pendi - =VLOOKUP(MIN(A2:A7);A2:B7;2;0) =VLOOKUP(MAX(A2:A7);A2:B7;2;0)
4 80 Ahmad -
5 65 Gilbert -
6 68 Filbert - - -
7 85 Abu Bakar - - -

Dari tampilan di atas, range A2:A7 merupakan range yang digunakan untuk mencari angka terkecil/terbesar, sedangkan range A2:B7 berisi keseluruhan data.
Jika terdapat nilai terkecil/terbesar yang sama (ganda) maka hasil yang didapatkan merujuk pada nilai yang terdapat di baris paling atas.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara mencari nilai terendah/tertinggi dengan VLOOKUP, silahkan anda pelajari artikel semakna dengan Mencari Nilai Terendah/tertinggi Dengan VLOOKUP pada link dibawah ini

>> Memahami Range_Lookup pada Fungsi VLOOKUP
>> Memahami dan Menggunakan Fungsi Vlookup

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon