Senin, 02 Januari 2017

Hasil Editan Terakhir

Saya sengaja kembali menulis artikel rumah excel dalam alamat sub domain iparengan.com, agar pembaca bisa dengan mudah menemukan artikel yang sedang dicarinya, dan artikel ini bukan berarti merupakan editan terakhir dari iparengan.com, melainkan tutorial untuk menampilkan sebuah informasi perubahan terakhir yang dilakukan dari sebuah data. Dalam Windows Explorer informasi seperti ini di cantumkan dalam sebuah kolom yang bernama Data Modified yang artinya kapan data tersebut terakhir dimodifikasi.

Didalam Microsoft Excel, kita akan meniru konsep seperti yang ada di Windows Explorer, hanya saja perlakuannya untuk baris-baris data. Untuk lebih jelasnya lihat tampilan berikut.


Dari tampilan di atas dapat disimpulkan bahwa, Segala bentuk perubahan yang terjadi di kolom A akan menampilkan informasi di kolom B dan kolom C, di mana kolom B berisi kapan data di baris tersebut di buat sementara kolom C berisi kapan data di baris tersebut di modifikasi.

Untuk membuat seperti contoh di atas, tempelkan baris kode berikut di dalam sheet yang diingikan dan pilih prosedur Worksheet_Change.

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
If Target.Column = 1 Then
If Target.Cells.Count = 1 Then
If Len(Target.Value) > 0 And _
Target(1, 2) = "" Then
Target(1, 2) = Now
Target(1, 2).NumberFormat = "dd-mmm-yyyy hh:mm:ss"
Target(1, 3) = Now
Target(1, 3).NumberFormat = "dd-mmm-yyyy hh:mm:ss"
ElseIf Len(Target.Value) > 0 And _
Target(1, 2) = "" Then
Target(1, 3) = Now
Target(1, 3).NumberFormat = "dd-mmm-yyyy hh:mm:ss"
Else
Target(1, 2).ClearContents
Target(1, 3).ClearContents
End If
End If
End If
End Sub

Demikianlah tips kali ini tetang Hasil Editan Terakhir, silahkan aplikasikan tips ini dengan menggunakan microsoft excel visual basic for applicatin, semoga dapat dipahami


EmoticonEmoticon