Rabu, 28 Desember 2016

Proteksi Sel Berisi Formula Menggunakan Macro


Adakalanya suatu kondisi dimana kita menginginkan agar sebuah formula yang terdapat dalam database Excel terkunci (ter-protect) dengan tujuan agar formula yang sudah kita buat (masukkan) tidak dapat dirubah ataupun dihapus oleh pengguna lain.

Cara yang biasa kita lakukan dalam hal proteksi adalah menggunakan proteksi worksheet, akan tetapi proteksi cara ini akan mengunci seluruh struktur lembar kerja. Dengan kata lain, kita atau pengguna yang lain tidak dapat melakukan perubahan data sebelum kita membuka kunci dari lembar kerja tersebut.

Tujuan dari tips Proteksi Sel Berisi Formula Menggunakan Macro

Mengunci secara otomatis sebuah sel yang hanya berisi formula saja sehingga ketika kita atau pengguna lain mengetikan sebuah data atau nilai yang bukan merupakan formula (tidak diawali dengan karakter =) maka hal ini masih diperbolehkan (tidak dikunci)

+ Untuk menjadikan lembar kerja seperti contoh di atas, gunakan kode VBA berikut di ThisWorkbook:

Private Sub Workbook_SheetSelectionChange(ByVal Sh As Object, ByVal Target As Range)
Dim A As Range
For Each A In Target.Cells
If A.HasFormula Then
ActiveSheet.Protect
Exit Sub
Else
ActiveSheet.Unprotect
End If
Next A
End Sub

+ Untuk dapat mengedit kembali atau menghapus formula yang sudah terkunci, hapus kode yang sudah Anda masukkan di ThisWorkbook.
Demikianlah tips Proteksi Sel Berisi Formula Menggunakan Macro tips ini bisa anda aplikasikan kedalam microsoft excel visual basic for application (VBA), semoga bisa dimengerti. Terimakasih.


EmoticonEmoticon