Rabu, 28 Desember 2016

Menghapus Nilai Ganda Menggunakan VBA


Ketika dalam database Excel Anda terdiri dari banyak data (baris) dan kemungkinan terjadinya nilai ganda antara baris satu dengan baris yang lainya pasti ada, apalagi jika dat tersebut anda entri dengan cara manual, kecuali Anda membatasi atau menolak nilai ganda pada saat pengentrian data.

Akan tetapi jika sudah terlanjur mengentri data dalam jumlah banyak sedangkan Anda hanya menginginkan 1 (satu) nilai atau data yang unik (tidak ada nilai ganda), maka apakah harus mencarinya satu-persatu ??? Saya yakin pasti membutuhkan tingkat kejelian yang sangat tinggi dan membuang buang waktu tentunya.

Solusi yang paling tepat untuk kasus seperti di atas adalah menggunakan kode macro (VBA). Dengan menggunakan kode macro (VBA), pekerjaan yang membutuhkan waktu, kejelian, serta kesabaran tersebut, dapat dilakukan dengan sekejap mata hanya satu kali klik.

+ Sebagai contoh, lihat ilustrasi pada tabel berikut ini :
No A B
1 Ahmad A
2 Pa'Had B
3 Lisya B
4 Isya B
5 Fendi B
6 Ahmad B
7 Wasis A
8 Zain A
9 Isya C
10 Boy A
11 Mondi A

Menghapus nilai duplikat (ganda) dalam Excel

Dari data tersebut di atas tampak terlihat beberapa data atau nilai yang sama, dan untuk menghapusnya, Anda tinggal memasukkan Moduleberikut ini di jendela VBEAnda. Caranya :
+ Buka jencela VBE
+ Pilih Insert, Insert Module
+ Pastekan kode macro dibawah ini kedalam Module

Sub HapusDuplikat()
Dim x As Long
Dim LastRow As Long
LastRow = Range("A1000").End(xlUp).Row
For x = LastRow To 1 Step -1
If Application.WorksheetFunction.CountIf(Range("A1:A" & x), Range("A" & x).Text) > 1 Then
Range("A" & x).EntireRow.Delete
End If
Next x
End Sub

+ Untuk langsung melihat hasilnya, tekan F5 di keyboard Anda, tapi sebelumnya pastikan Macro Excel Anda sedang dalam keadaan aktif (enable)

Keterangan Menghapus nilai duplikat (ganda) dalam Excel

kode di atas 'hanya' akan menghapus nilai ganda yang terdapat di kolom A saja, artinya jika terdapat nilai ganda di kolom selain A maka kode tersebut tidak akan berhasil, solusinya adalah mengganti huruf "A" dengan huruf lain yang mewakili kolom yang anda inginkan.
Range("A1000") merupakan baris maksimal yang ditentukan berdasarkan jumlah data (Baris), jika jumlah baris adalah 2000 maka ganti dengan Range("A2000")

Demikianlah tips kali ini tetang Menghapus Nilai Ganda Menggunakan VBA, silahkan aplikasikan tips ini dengan menggunakan microsoft excel visual basic for applicatin, semoga dapat dipahami


EmoticonEmoticon