Selasa, 27 Desember 2016

Mendapatkan Nomor Seri Hardisk Menggunakan VBA


Bagi beberapa programmer serial hardisk sering kali digunakan untuk mengunci sebuah aplikasi yang mereka bangun, sehingga dengan kata lain - aplikasi tersebut 'hanya' dapat dijalankan pada komputer yang memiliki serial hardisk yang sama - istilah kerennya adalah "single user".

Sebagai gambaran, Anda menginstall sebuah aplikasi pada komputer A yang memiliki serial Hardisk 1234567, kemudian anda melakukan registrasi agar aplikasi tersebut dapat digunakan sebagaimana mestinya - programmer kemudian mengirimkan sebuah kode aktivasinya yang didasarkan pada nomor serial Hardisk yang anda gunakan saat melakukan registrasi - sehingga jika suatu ketika anda ingin menginstall aplikasi tersebut di komputer B atau C (yang tentunya dengan nomor seri hardisk yang berbeda) maka aplikasi tidak bisa dijalankan, meskipun anda sudah mendapatkan kode aktivasinya.

Untuk mendapatkan Nomor Seri Hardisk bisa dilakukan dengan memanggil jendela Command Promt, akan tetapi langkah - langkahnya agak panjang. Dan Mendapatkan Nomor Seri Hardisk Menggunakan VBA - Apabila anda seorang programmer dan kebetulan anda menggunakan aplikasi Microsoft Excel sebagai software utama yang Anda gunakan untuk membangun sebuah aplikasi, maka mungkin kode ini sangat berguna bagi anda.

Sub NomorSeriHardisk
MsgBox CreateObject("Scripting.FileSystemObject").GetDrive("C:\").SerialNumber
End Sub

Kode di atas berfungsi dalam mendeteksi sebuah Hardisk (serial hardisk C:\)yang sedang aktif digunakan dalam komputer. Silahkan Anda modifikasi kode diatas untuk dapat menghasilkan sesuatu seperti yang anda inginkan.
Sampai disini saja tips Mendapatkan Nomor Seri Hardisk Menggunakan VBA, silahkan aplikasikan tips ini dengan menggunakan aplikasi populer microsoft excel visual basic for application (VBA), semoga dapat dipahami dan bermanfaat, aamiin.


EmoticonEmoticon