Selasa, 27 Desember 2016

Memodifikasi Pengaturan Bahasa komputer


Memodifikasi Pengaturan Bahasa komputer (Region and Language) Menggunakan Macro VBA. Terdapat sebuah kebutuhan dimana sebuah aplikasi yang berbasis Microsoft Excel 'hanya' dapat dijalankan ketika pengaturan bahasa komputer sesuai dengan yang kita inginkan. Seperti yang sudah dibahas dalam artikel sebelumnya - Konversi Angka Ke Huruf Untuk Penulisan Nilai Raport - perbedaan penggunaan bahasa dalam komputer akan mempengaruhi dalam hal penulisan formula dan sebagainya. Tentunya hal ini akan membuat aplikasi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya, andai kata terdapat perbedaan penulisan format bahasa komputer.

Untuk mengatasinya, maka pengguna aplikasi harus menjalankan atau mengaktifkan, serta merubah regional dan language yang dapat diakses melalui jendela Control Panel. Akan tetapi, dengan bantuan macro VBA; hal ini bisa dilakukan tanpa harus mengaksesnya melalui control panel - hanya tinggal di klik maka langsung menuju ke jendela Region dan Language.

Bagi Pengguna Windows Bisa Ikuti Langkah manual dibawah Ini

+ Klik Start > Masuk Ke Control Panel
+ Klik “Clock, Language, and Region,” lalu klik “Region and Language.”
+ Klik Keyboard and Languange
+ Cari "Display Languange" lalu klik disitu
+ Nah maka akan muncul pilihan bahasa yang kamu mau, tinggal pilih lalu OK, Jika tidak ada bahasa yang kamu inginkan, tinggal klik ADD


Untuk menampilkan Pengaturan Bahasa komputer juga bisa dengan menggunakan kode macroberikut ini baris kode macro untuk menampilkan Pengaturan Bahasa komputer

Dim Bahasa As String
Bahasa = "rundll32.exe shell32.dll,Control_RunDLL intl.cpl" + ",,5"
Shell Bahasa$, vbNormalFocus

Apabila kode di atas dletakkan dalam sebuah tombol (command button) dan ketika pengguna meng-klik tombol tersebut maka akan menampilkan sebuah jendela seperti pada gambar diatas, tips memodifikasi Pengaturan Bahasa komputer (Region and Language) Menggunakan Macro VBA bisa diaplikasikan kedalam microsoft excel, semoga bermanfaat aamiin.


EmoticonEmoticon