Sabtu, 24 Desember 2016

Logika IF dan NOT untuk mencari nilai

Logika adalah ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan prinsip alasan secara formal. Pada komputer logika ini diterapkan dengan memperhatikan berbagai kemungkinan yang masuk akal sehingga dapat dimanipulasi sesuai dengan kemampuan akal manusia.

Pada dasarnya fungsi logika digunakan untuk melakukan proses seleksi berdasarkan input (atau kondisi) dari pengguna yang kemudian menghasilkan nilai BENAR dan SALAH. Dan fungsi logika yang secara umum atau sering digunakan adalah Fungsi Logika IF. Fungsi ini bisa dikatakan berkaitan dengan kata 'jika', maksudnya jika data yang diujikan atau kondisinya dipenuhi, maka akan menghasilkan nilai benar, jika tidak maka akan menghasilkan nilai yang salah.
Jika data yang diujikan atau kondisinya dipenuhi, maka akan menghasilkan nilai benar, jika tidak maka akan menghasilkan nilai yang salah.

+ Secara garis besar penulisan dari Fungsi IF adalah :
=IF(Kondisi atau tes logika;Nilai jika kondisi dipenuhi(Benar);Nilai jika kondisi tidak dipenuhi(Salah)

Dengan format penulisan seperti di atas, maka hasil yang terlebih dahulu dibaca oleh komputer adalah nilai jika kondisi atau tes logika di penuhi (Nilai Benar) dan sebaliknya. Seringkali saya ditanya tentang bagaimana membalikkan nilai atau hasil dari fungsi ini, atau jika dituliskan akan seperti ini:

=IF(Kondisi atau tes logika;Nilai SALAH;Nilai BENAR)

Untuk mengatasi hal ini, bisa dengan mengkombinasikan dengan fungsi NOT. Penulisan akhir dari kombinasi fungsi ini
=IF(NOT(kondisi);Nilai BENAR;Nilai SALAH)
Lihat contoh kasus dibawah iniContoh Kasus

N0 A B CD
1 DATA FUNGSIHASIL
2 10 =IF(A2>5;"BENAR";"SALAH")BENAR
3 - =IF(NOT(A2>5);"BENAR";"SALAH")SALAH

Demikianlah sedikit penjelasan tentang Logika IF dan NOT untuk mencari nilai untuk mencari nilai, teori diatas bisa diaplikasikan dengan menggunakan microsoft excel semua versi. Semoga dapat dipahami dengan baik

>> Logika VBA Sederhana


EmoticonEmoticon